Nasdem Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah Untuk Pilkada 2024

LOTENG sasamboinside.com – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) bakal membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah untuk Pilkada 2024, pendaftaran ini dibuka bagi umum.

Pendaftaran bakal calon kepala daerah untuk Pilkada tahun 2024 ini akan resmi di buka DPD Nasdem Loteng pada tanggal 1 sampai dengan 7 Mei 2024.

Ketua Desk Pilkada NasDem Loteng, Ahmad Yani mengatakan, pembukaan pendaftaran bakal calon kepala daerah di Pilkada Lombok Tengah ini merupakan tindak lanjut instruksi Dewan Perwakilan Pusat (DPP) Partai NasDem.

“Kita mulai buka pendaftaran dari tanggal 1 sampai dengan 7 mei 2024 sesuai dengan juknis yang telah kami terima dari DPP.” Kata Ahmad Yani saat konfrensi pers di kantor NasDem, Senin 29/4/24.

Dikatakannya, pembukaan pendaftaran ini terbuka lebar bagi siapa saja yang berniat maju melalui NasDem. Baik dari internal partai maupun dari eksternal partai.

“Jadi, semua yang berhajat menggunakan partai NasDem untuk maju menjadi bakal calon kepala daerah, Bupati atau wakil bupati Lombok Tengah 2024 bisa mengambil formulir di Kantor Partai NasDem.” Bebernya.

Sekertaris Desk Pilkada NasDem Loteng, Ki Agus Azhar menambahkan, pendaftaran calon Bupati dan wakil Bupati Lombok Tengah ini dipastikannya tanpa mahar.

Ia pun meminta kepada putra-putri terbaik Lombok Tengah yang berniat untuk berkontestasi pada pilkada tahun ini untuk mendaftar di partai NasDem.

“Jadi, saya himbau kepada seluruh putra putri terbaik Lombok Tengah ini lah kesempatan. Kami membuka pintu dengan sebesar-besarnya karena ini tanpa mahar,” kata Ki Agus.

Tetapi sambung dia, akan ada biaya bagi calon yang akan mengajukan pendaftaran. Namun biaya itu sendiri akan digunakan olehnya sebagai biaya seperti publikasi, fit and proper test dan lain sebagainya.

“Nanti akan ada uji kelayakan lewat pemaparan visi misi dan sebagainya. Ini yang membutuhkan biaya dan itu ditanggung bakal calon itu sendiri. Nanti kita informasikan di bakal calon pada saat pengambilan formulir.” Jelas Ki Agus.

Sejauhnya dikatakan Ki Agus, calon yang mendaftar itu adalah mereka yang nanti akan mengembalikan formulir pendaftaran. Dan mereka itulah yang akan di ajukan ke DPP melalui DPW partai NasDem Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Disebut dengan pendaftaran itu jika nanti mengembalikan formnya, siapa yang mengembalikan itu yang disebut pendaftaran. Itu yang akan kami ferivikasi, kami uji dan kami usulkan kepada DPP melalui DPW.” Paparnya.

Ki Agus menyebut, ada tiga nama yang berhak direkomendasikan oleh DPD, dan dua dari DPW untuk di serahkan ke DPP.

Menurutnya, mereka yang akan di rekomendasikan ini adalah mereka yang memiliki kriteria sebagai calon kepala daerah, yakni memiliki elektabilitas, popularitas dan finansial.

“Kami akan melakukan uji kelayakan dan akan melakukan survei di 12 kecamatan tentang elektabilitas dan popularitas dari bakal calon tersebut.” Ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Bapilu Nasdem Loteng, Sulye Jati menyatakan, selain memiliki elektabilitas dan popularitas, bakal calon juga akan ditentukan oleh surveynya.

“Punya track record bagus. Kemudian ada survey diinternal kami dipartai NasDem.” Ungkapnya.

Oleh karena itu, dia mempersilahkan bagi bakal calon kepala daerah yang ingin maju menggunakan NasDem.

Dipastikannya, kader partai maupun bukan kader partai perlakuannya tetap sama. Prosesnya sama melalui prosedur yang sudah ditentukan.

“Kader partai lain juga yang mau daftar lewat NasDem juga bisa, selama memenuhi apa yang kita harapkan itu tidak masalah. Jadi jangan khawatirlah meskipun orang bukan partai, silahkan saja selama masih mampu membuktikan diri dan komitmen terhadap partai NasDem.” Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *