KKN PMD Unram Desa Darmaji Inisiasi Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair

Lombok Tengah – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Universitas Mataram atau Unram Desa Darmaji menggelar pelatihan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC).

Kegiatan tersebut terlaksana di kantor Desa Darmaji, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah pada hari Senin (08/01/24).

Adapun sasaran kegiatan POC tersebut yakni Kelompok Wanita Tani Desa setempat.

Pelatihan pembuatan POC ini bertujuan sebagai solusi untuk mendapatkan pupuk tanaman yang ekonomis dengan memanfaatkan limbah dapur rumah tangga seperti sisa-sisa sayuran dan lain sebagainya.

Selain itu, tujuan kegiatan ini untuk memberikan kontribusi dan pengetahuan kepada masyarakat terkait pembuatan POC.

Kegiatan POC ini di hadiri pihak Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Kopang, Lalu Akhmad Junaidi, SP.

Pada penyuluhan itu, Lalu Akhmad Junaidi, SP memaparkan bahwa membuat POC sangatlah mudah, yakni hanya dengan memanfaatkan bahan-bahan di sekitar dan hampir semuanya gratis.

Dikesempatan itu juga Junaidi merincikan bahan dan alur pembuatan POC mulai dari awal hingga menjadi pupuk organik cair.

“Yakni dimulai dengan menyiapkan media pembuatan yakni menggunakan media ember bertumpuk, limbah dapur, sisa buah-buahan, sayur-mayur, dedaunan, tetes tebu atau air gula dan EM4.” Jelas Junaidi.

Jika media pembuatan sudah terpenuhi sambung Junaidi, langkah selanjutnya ialah menaruh jenis limbah dapur tersebut pada media yang sudah disiapkan.

“Setelah itu berikan air secukupnya, EM4, air gula. Semua bahan diaduk rata untuk mempercepat proses fermentasi.” Imbuhnya.

Sejauhnya ia menuturkan bahwa proses fermentasi memakan waktu paling cepat 21 hari barulah hasilnya bisa dimanfaatkan untuk menyirami tanaman di sekitar pekarangan rumah warga.

“Dengan adanya sosialisasi pembuatan pupuk organik cair (POC) ini, harapan kami sangat besar kepada masyarakat desa Darmaji agar mampu mengolah sisa-sisa limbah dapur menjadi suatu produk yang bermanfaat dan memiliki nilai jual yang tinggi.” Tandasnya.

Ditempat terpisah, Ketua Kelompok KKN, Insanul Kamil menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan pembuatan Pupuk Organik Cair atau POC ini diinisiasi oleh kelompok KKN PMD Unram Desa Darmaji.

Menurut dia, kegiatan ini terinisiasi melihat dari besarnya komitmen Kepala Desa setempat untuk menangani permasalahan sampah diwilayahnya.

“Karena saya melihat ada komitmen pemerintah Desa Darmaji dalam menangani sampah di Desa, terutama Desa Darmaji.” Ungkapnya.

Oleh karena itu, Insanul Kamil berharap hal seperti ini akan terus bisa terselenggara hingga permasalahan sampah di Desa Darmaji bisa teratasi.

“Harapannya kegiatan seperti ini tetap di laksanakan secara terus menerus dengan melibatkan banyak masyarakat. Karena jika masyarakat sudah sadar akan manfaat mengolah sampah, secara otomatis persoalan sampah akan selesai.” Tutup Insanul Kamil.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Darmaji, Suhaidi SH mengapresiasi pelatihan POC yang diinisiasi oleh KKN PMD dari Universitas Mataram ini.

Suhaidi mengaku, kegiatan ini sejalan dengan tekad Pemerintah Desa dalam mengatasi permasalahan sampah di Desa yang dipimpinnya itu.

“Saya mengpresiasi kegiatan ini. Kegiatan ini sangat sejalan dengan ikhtiar Pemerintah Desa Darmaji yang selama ini terus fokus melakukan pengolahan sampah dari sumbernya.” Jelas Suhaidi.

“Dengan kata lain ini membantu Pemerintah Desa Darmaji dalam mewujudkan desa sirkular.” Tutup kepala desa peraih penghargaan di Academy dan Paralegal Justice Award 2023 lalu sebagai Non Litigation Paecemaker dan Anubhawa Sasana Desa Jagaddhita dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *