Ini Alasan Pantai Jelenga di Sumbawa Barat Dinobatkan Jadi Pantai Terbaik di Indonesia

MATARAM sasamboinside.com – Pantai Jelenga dinobatkan sebagai pantai terbaik di Indonesia, ini alasannya sehingga ia terpilih menjadi yang terbaik.

Pantai Jelenga ini terletak di Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ia terpilih menjadi pantai terbaik versi Majalah Travel Lonely Planet.

Majalah besar di dunia ini telah mengumumkan daftar 11 Pantai terbaik di Indonesia.

Ditulis oleh jurnalis senior asal Amerika Serikat, Mark Johanson, dia menempatkan tiga pantai di provinsi Nusa Tenggara Barat sebagai yang terbaik di Indonesia.

Yang mengejutkan, daftar teratas dari Pantai terbaik di Indonesia tersebut bukanlah pantai di Bali, Labuan Bajo ataupun di Lombok.

Melainkan sebuah pantai yang jarang terdengar namanya di telinga wisatawan, yakni Pantai Jelenga di Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat.

Dari hasil penelusuran Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB, alasan Mark Johanson menempatkan Pantai Jelenga di posisi teratas karena ombaknya yang berkelas dunia.

Menurut Mark, Pantai yang berada hanya 40 km dari Pelabuhan Poto Tano ini memiliki Left-Hand Break terbaik dan sangat cocok bagi peselancar profesional dan amatir yang sudah mahir.

Selain itu, Pantai Jelenga juga dikelilingi lanskap perbukitan yang indah. Meskipun nyaris tanpa pohon kelapa, rerumputan hijau dan pepohonan rendah memenuhi seisi bukit menjadikannya latar yang sempurna.

Di sisi sebelah utara, Pantai Jelenga menawarkan hamparan pantai pasir putih dengan air biru toska tenang sangat cocok untuk berenang, bermain kayak dan stand-up paddle boarding.

Meskipun sangat indah, sayangnya pantai ini sepi dari turis dan bahkan nyaris tak berpengunjung kecuali para nelayan setempat.

Kondisi tersebut justru menjadikannya sebuah hideout spot yang sempurna bagi yang ingin menikmati kesendirian di sebuah pantai pasir putih yang

Pantai di Nusa Tenggara Barat lainnya yang masuk daftar kurasi dari mantan jurnalis National Geographic, Conde Nast Traveler, BBC, dan juga Travel+Leisure ini adalah Pantai Selong Belanak di Kabupaten Lombok Tengah yang menempati posisi nomor 4.

Mark kembali memilih Selong Belanak karena ombaknya yang sangat bagus bagi para peselancar pemula dan dasar lautnya yang berpasir sehingga sangat aman untuk mereka yang baru belajar surfing.

“Garis pantai yang panjang, air laut berwarna biru toska, latar perbukitan yang megah, dan deretan warung warung bambu di sepanjang pantai menjadikan Selong Belanak sebuah destinasi wisata yang eksotis.” Kata Mark Johanson.

Selain itu, keberadaan kerbau yang setiap pagi dan sore melintasi bibir pantai Selong Belanak ini menjadikannya surga bagi para photographer.

Sementara itu, primadona pariwisata NTB yang hingga saat ini merupakan destinasi favorit para wisatawan mancanegara, Gili Trawangan di Kabupaten Lombok Utara harus puas berada di urutan ke 7.

Mark Johanson menyebutnya sebagai surga bagi para penggila pesta.

Mark bahkan membagikan tips cara menikmati Kehidupan di Gili Trawangan, yaitu party, tidur, bangun pagi langsung mandi di pantai, lanjut dengan makan dan minum, lalu mandi, dan pesta lagi sampai lelah kemudian istirahat.

“Ulangi terus setiap hari.” Katanya.

Berikut 11 Pantai Terbaik di Indonesia versi Lonely Planet 2023

1. Pantai Jelenga, Sumbawa Barat

2. Pantai Suluban, Bali

3. Pantai Pink, Labuan Bajo

4. Pantai Selong Belanak, Lombok Tengah

5. Pantai Bawana, Sumba

6. Pantai Iboih, Sumatera

7. Gili Trawangan, Lombok Utara

8. Pantai Ngurtavur, Maluku

9. Diamond Beach, Nusa Penida, Bali

10. Pantai Tanjung Tinggi, Sumatera

11. Pantai Tangkoko, Sulawesi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *