Balap Motor Sportbike Pertamina Mandalika Racing Series 2024 Putaran Kedua Akan Segera Bergulir

Jakarta – Kejuaraan Nasional Balap Motor Sportbike Pertamina Mandalika Racing Series 2024 putaran kedua akan segera bergulir pada 25-26 Mei 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Berbagai langkah terus dilakukan agar gelaran Kejurnas Balap Motor Sportbike menjadi sebuah kompetisi bergengsi dalam membina para talenta muda serta ajang prestasi “Untuk Dukung Pembalap Indonesia mendunia”.

Event hasil kolaborasi PRIDE Motorsport dengan MGPA, IMI, Kemenparekraf, ITDC dan InJourney mendapat dukungan dari Pertamina, sebagai salah satu bentuk kontribusinya terhadap dunia balap di Indonesia.

Tiga kelas utama Kejurnas Balap Motor Sportbike akan dipertandingkan yakni Sport 150, Sport 250 dan Supersport 600 sebagai puncak kejuaraan tertinggi balap motor sportbike di Indonesia.

Sementara tidak kalah seru adanya supporting class yakni Underbone 150, lalu Supersport 600 Community dan Superbike 1000 Community.

Svp. Marketing & Tourism Program InJourney, Retna Asmoro mengatakan, The Mandalika dibawah ITDC dipersiapkan menjadi produk pariwisata unggulan yang diharapkan dapat meningkatkan jumlah turis baik dari domestik maupun mancanegara.

“Kami terus membangun destination positioning-nya, baik dari sisi amenitas maupun atraksi atau promosinya. Kami harapkan, melalui penyelenggaraan rutin event seperti Kejurnas Mandalika Racing Series dapat memperkuat promosi pariwisata Indonesia dan meningkatkan ekonomi daerah,” katanya, Senin 20 Mei 2024.

Dikatakannya, Kejurnas Mandalika Racing Series 2024, dengan target penonton sebanyak 5.000 orang, dan 600.000 ribu viewers di Youtube Live streaming Mandalika Racing Series.

“Dengan kejuaran nasional ini diharapkan akan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar melalui partisipasi berbagai UMKM lokal,” ulasnya.

Putaran kedua Pertamina Mandalika Racing Series 2024, akan dibuka kelas baru yakni Junior Sport 150 U-15 sebagai ajang pembinaan para pembalap muda di bawah usia 15 tahun.

Kelas ini dipertandingkan hasil dari respons positif para tim hingga sekolah balap yang menginginkan adanya kejuaraan khusus bagi talenta muda yang siap bertarung ke jenjang internasional.

Direktur Operasi ITDC Troy Warokka, mengatakan, Mandalika Racing Series menjadi ajang kompetisi balap motor yang memberikan kesempatan bagi talenta muda Indonesia untuk bersinar dan mengangkat nama Indonesia di kancah internasional.

Pada 25-26 Mei 2024, MRS Kembali dengan Seri ke-2 di Pertamina Mandalika Internasional Circuit.

“Mari kita dukung acara ini untuk memajukan olahraga balap Indonesia, memperkenalkan talenta muda, dan mempromosikan The Mandalika sebagai destinasi sport tourism unggulan di Indonesia,” uvapnya.

Event ini diharapkan memberikan pengalaman berharga bagi peserta dan dampak positif berkelanjutan bagi ekonomi dan kesejahteraan masyarakat lokal di Mandalika dan NTB.

“Selain itu, dengan dukungan masyarakat Indonesia dan stakeholders, kita dapat membangun masa depan yang gemilang bagi olahraga balap Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria mengatakan, bergabungnya Pertamina sebagai sponsor utama menunjukan bahwa Kejurnas Mandalika Racing Series telah menjadi sebuah kompetisi balapan nasional yang memiliki daya tarik tinggi.

“Dukungan dari Pertamina semakin mengukuhkan posisi Mandalika Racing Series sebagai Kejurnas Balap Motor Sportbike bergengsi di Indonesia yang telah terbukti ikut mendorong prestasi pembalap-pembalap Tanah Air untuk berkiprah di level internasional,” sebutnya.

Veda Ega Pratama, Arai Agaska, Muhammad Kiandra Ramadhipa, Aldi Satya Mehendra adalah di antara contoh pembalap Indonesia yang berprestasi yang kini tengah berjuang di kancah balap Asia hingga dunia.

“Hal ini tidak terlepas dari berbagai upaya yang dilakukan oleh MGPA, PRIDE, IMI dan para stakeholder serta sponsor untuk terus meningkatkan kualitas balapan dari mulai regulasi hingga kemasan event seperti inovasi tayangan live streaming,” ungkap Priandhi.

Deputi Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat Eddy Saputra menambahkan, pihaknya terus memberikan dukungan agar Kejurnas Balap Motor Sportbike Pertamina Mandalika Racing Series bisa terus berjalan berkesinambungan.

”Kita ingin terus menghasilkan lagi para pembalap muda Indonesia, dari sebuah kejuaraan yang kompetitif sesuai regulasi serta menjunjung tinggi sportivitas hingga siap bersaing di level lebih tinggi.

Karena itu, adanya kelas Junior Sport 150 U-15 bisa menjadi sarana adu kemampuan para pembalap usia muda dengan regulasi teknis yang tidak memberatkan serta biaya terjangkau.

“Saya harap melalui adanya kelas baru ini bisa menjadikan pembinaan pembalap-pembalap muda yang berlatih di sekolah-sekolah balap bisa terakomodasi untuk naik jenjang ke kelas berikutnya,” tukas Eddy Saputra.

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso menyatakan, dukungan ini sejalan dengan PERTAMINA ENERGIZING YOU yang bermakna Pertamina selalu berusaha untuk melayani masyarakat dan memberikan energinya untuk kepentingan bangsa Indonesia.

“Kerjasama ini merupakan langkah nyata dalam upaya kami untuk memajukan industri motorsport di Indonesia,” ujarnya.

Dukungan dari Pertamina akan memperkuat program pembibitan dan memberikan akses yang lebih luas dan fasilitas yang lebih baik bagi para pembalap-pembalap muda.

Pertamina Mandalika Racing Series 2024 mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, MGPA, ITDC dan InJourney serta Honda, LFN, Pirelli, Yamaha, Aspira Premio, GS Astra, BRT Racing, BRT Electric, KYB, Cargloss, Arai Indonesia, YSS, Pikolli, RCB, Uma Racing, MFZ Racing, Hydro Coco, Chemco, Nissin Samurai Brake

Kejurnas Mandalika Racing Series 2024 juga terbukti telah memberikan dampak ekonomi luas terhadap masyarakat sekitar, karena adanya berbagai pelaku usaha UMKM lokal NTB, baik itu makanan ataupun cendera mata dan juga berbagai UMKM lainnya yang membuka booth di area sirkuit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *